Pengolahan Emas Dengan Kimia

PENGOLAHAN EMAS SECARA SIANIDA

Cara Kerja
1. Bahan berupa batuan dihaluskan dengan menggunakan alat grinding sehingga
menjadi tepung (mesh + 200).

2. Bahan di masukkan ke dalam tangki bahan, kemudian tambahkan H2O (2/3 dari
bahan).

3. Tambahkan Tohor (Kapur) hingga pH mencapai 10,2 – 10,5 dan kemudian
tambahkan Nitrate (PbNO3) 0,05 %.

4. Tambahkan Sianid 0.3 % sambil di aduk hingga (t = 48/72h) sambil di jaga pH
larutan (10 – 11) dengan (T = 85 derajat).

5. Kemudian saring, lalu filtrat di tambahkan karbon (4/1 bagian) dan di aduk hingga (t= 48h), kemudian di saring.
Karbon dikeringkan lalu di bakar, hingga menjadi Bullion atau gunakan. (metode 1)

7. Metode Merill Crow (dengan penambahan Zink Anode / Zink Dass), saring lalu
dimurnikan / dibakar hingga menjadi Bullion. (metode 2)

8. Karbon di hilangkan dari kandungan lain dengan Asam (3 / 5 %), selama (t =30/45m), kemudian di bilas dengan H2O selama (t = 2j) pada (T = 80 – 90 derajat).

9. Lakukan proses Pretreatment dengan menggunakan larutan Sianid 3 % dan Soda
(NaOH) 3 % selama (t =15 – 20m) pada (T = 90 – 100o).

10. Lakukan proses Recycle Elution dengan menggunakan larutan Sianid 3 % dan Soda
3 % selama (t = 2.5 j) pada (T = 110 – 120 derajat).

11. Lakukan proses Water Elution dengan menggunakan larutan H2O pada (T = 110 –
120o) selama (t = 1.45j).

12. Lakukan proses Cooling.

13. Saring kemudian lakukan proses elektrowining dengan (V = 3) dan (A = 50) selama
(t = 3.5j). (metode 3)

PROSES PEMURNIAN (DARI BULLION)

Dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

1. Metode Cepat
Secara Hidrometallurgy yaitu dengan dilarutkan dalam larutan HNO3 kemudian tambahkan garam dapur untuk mengendapkan perak sedangkan emasnya tidak larut dalam larutan HNO3 selanjutnya saring aja dan dibakar.

2. Metode Lambat
Secara Hidrometallurgy plus Electrometallurgy yaitu dengan menggunakan larutan H2SO4 dan masukkan plat Tembaga dalam larutan kemudian masukkan Bullion ke dalam larutan tersebut, maka akan terjadi proses Hidrolisis dimana Perak akan larut dan menempel pada plat Tembaga (menempel tidak begitu keras/mudah lepas) sedangkan emasnya tidak larut (tertinggal di dasar), lalu tinggal bakar aja masingmasing, jadi deh logam murni.

About these ads

~ by jalanrejeki on January 28, 2009.

14 Responses to “Pengolahan Emas Dengan Kimia”

  1. Artikel yang kami dapat sangat terimakasiah, kerna kekurangan saya bisa lebih terperinci proses pengolahan,behan kimia dan alat prosesingnya.

  2. Mas sy lg ada kerjaan dan kayak nya butuh bantuan mas banget tentang artikel ini ,bisa ngak saya menghubungi mas, thx bgt yah
    //email saya madlax_hard@yahoo.com,telepon saya 02292824826//

  3. saya da studi kasus tentang metode pengolahan bahan tambang dg kimia bisa ga artikelnya di send k e mail saya, thx

  4. hmm…saya jg sangat tertarik dgn artikel ini..
    mhn info lbh lanjut…
    facebook saya : iwaku.83@gmail.com

  5. da ga yang lebih mudah dan menekan biaya ???

  6. Tks Bgt mas infonya. Boleh gk kursus private via ponsel. Secara kebetulan saya juga sedang berusaha mengolah emas dengan zat kimia di Lombok. Sudah dua bulan tapi hasil belum maksimal. Selama ini saya gunakan teman dari bogor sebagai tekhnisi. Tapi hasil lari kedia saja kayaknya. Akan lebih mudah dan ekonomis kalau pakai tenaga sendiri. Tks

  7. yang di maksud dengan bullion apa ya pak??

  8. PROSES PENGOLAHAN EMAS DENGAN SISTEM PERENDAMAN

    BAHAN
    Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton

    FORMULA KIMIA
    1. NaCn = 40 kg
    2. H2O2 = 5 liter
    3. Kostik Soda/ Soda Api = 5 kg
    4. Ag NO3 =100 gram
    5. Epox Cl = 1 liter
    6. Lead Acetate = 0.25 liter (cair)/ 1 ons (serbuk)
    7. Zinc dass/ zinc koil = 15 kg
    8. H2O (air) = 20.000 liter

    PROSES PERENDAMAN
    • Perlakuan di Bak I (Bak Kimia)
    1. NaCn dilarutkan dalam H2O (air) ukur pada PH 7
    2. Tambahkan costik soda (+ 3 kg) untuk mendapatkan PH 11-12
    3. Tambahkan H2O2, Ag NO3, Epox Cl diaduk hingga larut, dijaga pada PH 11-12
    • Perlakuan di Bak II (Bak Lumpur)
    1. Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton dimasukkan ke dalam bak
    2. Larutan kimia dari Bak I disedot dengan pompa dan ditumpahkan/ dimasukkan ke Bak II untuk merendam lumpur ore selama 48 jam
    3. Setelah itu, air/ larutan diturunkan seluruhnya ke Bak I dan diamkan selama 24 jam, dijaga pada PH 11-12. Apabila PH kurang untuk menaikkannya ditambah costic soda secukupnya
    4. Dipompa lagi ke Bak II, diamkan selama 2 jam lalu disirkulasi ke Bak I dengan melalui Bak Penyadapan/ Penangkapan yang diisi dengan Zinc dass/ zinc koil untuk mengikat/ menangkap logam Au dan Ag (emas dan perak) dari larutan air kaya
    5. Lakukan sirkulasi larutan/ air kaya sampai Zinc dass/ zinc koil hancur seperti pasir selama 5 – 10 hari
    6. Zinc dass/ zinc koil yang sudah hancur kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah untuk diperas dengan kain famatex
    7. Untuk membersihkan hasil filtrasi dari zinc dass atau kotoran lain gunakan 200 ml H2SO4 dan 3 liter air panas
    8. Setelah itu bakar filtrasi untuk mendapatkan bullion

  9. Waduh saya butuh banyak pengetahuan dech kayaknya tolong dong dikirimkan ke E-mail Kami mas Terimakasih ya sebelumnya

  10. mas tolong donk cantumin juga alat atau mesin untuk mengolah emas,,,

  11. Mas, thanks artikelnya. Skalian jika ada proses pengolahan limbah yang mengandung sianidanya itu. Seingat saya sianida juga racun yang lumayan bahaya. Makasih.

  12. sya tertarik dgn tulisn anda,bagaiman sy menindaklanjutinya,dan bagaiman sy bs menghubungi anda secar lansng.tlng bls ke email sy.
    termksh ats bantuannya

  13. mas sya sdang blajar pertmbngan,karna bkap pnambang.bsa bntu sya g spaya mngerti bhsa kimia,krna sya g ngrti tntang kmia.trimakasih

  14. makasih banyak nih infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: