Senam Ritme, Perbaiki Postur

Gerakan 1

Fungsi: Mengencangkan betis.

Posisi: Berdiri tegap kaki merapat. Kedua tangan diangkat ke atas sambil menarik handuk. Posisi tetap seperti posisi awal, lalu lakukan gerakan jinjit dengan kaki yang bergantian. Hitungan jinjit bergantian sebanyak 2 x 8.

Gerakan 2

Fungsi: Mengencangkan bagian samping tubuh dan lengan.

Posisi: Berdiri dengan kedua kaki dibuka agak melebar. Kedua tangan diluruskan ke depan sambil menarik handuk. Posisi tangan tetap lurus ke depan memegang handuk. Lalu, gerakkan pinggul ke samping kanan hingga posisi memutar 90 derajat. Tahan sampai delapan hitungan. Kemudian, putar badan ke arah depan lagi. Setelah itu, ganti putar ke arah kiri. Dan, tahan delapan hitungan lagi.

Gerakan 3

Fungsi: Mengencangkan otot punggung, mengecilkan dan membentuk pinggang, serta menguatkan betis dan paha.

Posisi: Berdiri dengan kedua kaki agak dibuka. Kedua tangan ke atas dengan menarik handuk. Bersamaan dengan itu, kedua kaki jinjit. Posisi tangan tetap, lalu turunkan badan hingga 90 derajat ke sisi kanan. Tahan sampai delapan hitungan. Lalu, posisi badan kembali tegap. Kemudian, turunkan pada posisi yang lainnya (kiri). Tahan hingga delapan hitungan. Ulangi dua kali delapan hitungan.

Gerakan 4

Fungsi: Mengencangkan, membentuk otot punggung, dan menegapkan bahu.

Posisi: Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan diangkat ke atas sambil menarik handuk. Lalu, turunkan badan ke depan hingga punggung lurus. Kedua tangan tetap lurus dan saling menarik handuk. Pandangan ke bawah. Tahan hingga delapan hitungan. Pada posisi tetap menunduk, kemudian tarik handuk ke belakang kepala dan tarik ke depan lagi. Lakukan tarikan handuk itu dari depan ke belakang hingga empat kali repetisi. Kemudian, badan kembali ke posisi semula.

Gerakan 5

Fungsi: Mengecilkan dan menguatkan tulang dan otot bagian punggung dan juga otot pinggang.

Posisi: Berdiri dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu. Kedua tangan diangkat ke atas sambil saling menarik handuk. Dengan posisi tangan tetap di atas, lalu pinggul diputar 90 derajat ke sisi kanan. Kemudian dalam delapan hitungan, badan diturunkan ke depan hingga tulang punggung dan kepala lurus. Tahan posisi hingga delapan hitungan. Kemudian, perlahan turunkan badan sampai kedua tangan menyentuh lantai dan tahan hingga delapan hitungan. Setelah itu, naikkan badan kembali dan posisikan badan seperti posisi awal. Lalu, putar pinggul ke arah kiri (sebaliknya) dan lakukan gerakan yang sama.

Gerakan 6

Fungsi: Mengecilkan dan menghilangkan lemak di pinggang, meluruskan tulang belakang, dan menegakkan bahu.

Posisi: Duduk sila, tempatkan handuk di belakang leher dan ditarik oleh kedua tangan. Gerakkan pinggul ke kanan bawah hingga siku menyentuh lantai. Tetapi, pantat jangan sampai terangkat. Tahan hingga empat hitungan. Kemudian, kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan.

Gerakan 7

Fungsi: Mengecilkan perut.

Posisi: Tidur di alas dengan salah satu kaki ditekuk. Kaki satunya diangkat ke atas. Telapak kaki yang diangkat dipakai sebagai tempat menaruh handuk. Kedua tangan ada di ujung handuk. Kemudian, pegangan kedua tangan agak dinaikkan hingga menyentuh kaki. Hal itu dilakukan bersamaan dengan mengangkat kepala. Pinggang dan punggung tetap menempel di alas. Pandangan lurus ke depan. Tahan hingga delapan hitungan. Kembali ke posisi awal lalu lakukan lagi gerakan yang sama. Setelah itu, ganti kaki tumpuan dan lakukan gerakan yang sama.

Gerakan 8

Fungsi: Menarik tulang punggung belakang.

Posisi: Tidur telungkup, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan menarik handuk yang ada di atas pantat. Dalam gerakan yang bersamaan, naikkan kepala dan dada bersamaan dengan kaki. Itu seperti gerakan back up tetapi beserta kaki yang diangkat sejajar pantat. Kembali ke posisi semula.

Gerakan 9

Fungsi: Melancarkan peredaran darah, menaikkan, dan mengencangkan rahim supaya tidak mudah mengompol.

Posisi: Posisi seperti orang hendak sujud dengan tumpuan jari-jari kaki, lutut, dan lengan bawah tangan. Kemudian, naikkan pantat hingga kaki lurus dan posisi telapak kaki agak jinjit. Hingga lekukan badan dan kaki membentuk huruf V.

~ by jalanrejeki on January 10, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: